Lembar Kerja Siswa "Magnet And The Hole"

08/01/16



LEMBAR KERJA SISWA
MAGNET AND THE HOLE


 
 KELOMPOK 2
Anggota     : 1. Anggy Desmita Pratiwi
                     2. Asti Tri Artanti
                     3. Fifi Anggraeni
                     4. Iis Irmawati
                     5. Lisa Nurusifa
                     6. Siti Haryati
KELAS      : 5A

 Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

LEMBAR KERJA SISWA
MAGNET AND THE HOLE


Kelompok      :
Nama              : 1.
                          2.
                          3.
                          4.
                          5.
Kelas               :
Materi             : Persamaan Linear Satu Variabel

Standart Kompetensi            : Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan
   linear satu variabel
Kompetensi Dasar                 : 2.3.Menyelesaikan persamaan linear satu variabel.
Indikator                                :
·    Menjelaskan PLSV dalam berbagai bentuk dan variabel
·    Menentukan bentuk setara dari PLSV dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan atau dibagi dengan bilangan yang sama
·    Menentukan penyelesaian PLSV
·    Menentukan penyelesaian PLSV dalam bentuk pecahan.


A.    Rangkuman Materi
Persamaan adalah suatu pernyataan matematika dalam bentuk simbol yang menyatakan bahwa dua hal adalah persis sama. Dari bentuk-bentuk 3(x – 1) + x dan –x + 7, kita dapat membentuk persamaan
 
yang merupakan suatu persamaan linear satu variabel (PLSV). Untuk menyelesaikan suatu persamaan, kita harus menentukan nilai dari x sedemikian sehingga persamaan tersebut menjadi benar, yang berarti, nilai dari ruas kiri sama dengan ruas kanan. Perhatikan tabel berikut.
 
 Berdasarkan tabel di atas, kita dapat menemukan bahwa persamaan 3(x – 1) + x = –x + 7 akan bernilai benar ketika kita mengganti x dengan bilangan 2, dan akan salah jika kita mengganti x dengan bilangan selain 2. Bilangan pengganti yang dapat menyebabkan suatu persamaan bernilai benar disebut selesaian atau akar.
Persamaan linear satu variabel adalah kalimat terbuka yang dihubungkan oleh tanda sama dengan (=) dan hanya mempunyai satu variabel berpangkat satu. Bentuk umum persamaan linear satu variabel adalah ax + b = 0 dengan a ≠ 0. 
Penyelesaian PLSV 3 Cara untuk menyelesaikan PLSV 1) Dengan Subtitusi, 2) Dengan Penyelesaian bentuk SETARA (Equivalen),  3) Dengan  mengumpul-kan suku yang sejenis.

B.     Kegiatan Belajar
Nama alat peraga        : Magnet And The Hole
Bahan                          : Triplek, seng, magnet, skotlet, pilok, dan lem lilin
Alat                             : Spidol, alat lem tembak, gunting, penggaris, dan pensil




Menyelesaikan persamaan dengan menggunakan tabel akan memakan waktu yang cukup lama. Untuk itu, kita dapat menyelesaikannya dengan menggunakan alat peraga magnet and the hole.



Cara Penggunaan / Petunjuk Kerja
Keterangan: alat peraga Magnet And The Hole ini digunakan untuk mengkontekstualkan penyelesaian persamaan linear satu variabel dengan domain x={x| -5≤x≤10}, dan dengan koefisien x non negatif.
1.      Ambil pertanyaan di dalam kotak yang disediakan.
2.      Pasangkan kartu box variabel “x“ dan “1“ sebanyak sesuai dengan pertanyaan. Misal jika pertanyaan 2x + 1 = x + 2, maka pasangkan kartu box “x“ sebanyak 2 buah di sebelah kiri dan 1 buah di kanan tanda “=“; serta pasangkan kartu box “1“ sebanyak 1 buah di sebelah kiri dan 2 buah di sebelah kanan tanda “=“.
3.      Jika di kedua sisi terdapat 2/lebih kartu yang sama, maka ambilah masing-masing 1 kartu di sebelah kiri dan kanan tanda “=“ secara bersamaan, sehinga di kedua sisi benar-benar tidak ada kartu yang sama.
4.      Jika di salah satu sisi terdapat dua/lebih kartu variabel “x“, maka bagilah wilayah tersebut menjadi sebanyak kartu variabel “x“ yang tersisa, sehingga masing-masing kartu variabel mendapat nilai yang sama.
5.      Jika di salah satu sisi terdapat satu/lebih kartu box variabel “x“ dan “1“ sedangkan di sisi yang lain tidak ada sama sekali kartu, maka ambillah kartu box “1“ pada sisi tersebut dan penutup lubang/hole di sisi yang lain secara bersamaan, sehingga kartu box “1“ di sisi yang sama dengan kartu box variabel “x“ habis, sehingga terbuka lubang yang berisi “-1“.
6.      Khusus untuk pertanyaan dengan konstanta negatif, maka untuk mendapatkan nilai konstanta negatif, bukalah penutup lubang sebanyak sesuai pertanyaan. Misal 2x - 2= x + 1, maka untuk mendapatkan nilai negatif 2, bukalah penutup lubang  sebanyak 2 di sebelah kiri tanda “=“. Sedangkan untuk suku yang lainnya sama dengan proses di atas. Untuk  megoperasikan, tutuplah lubang itu dengan bersamaan memberi kartu bernilai “1“ di sisi yang lain. Sedangkan proses yang selanjutnya sejalan dengan proses di atas.

C.    Kerjakan soal-soal berikut dengan mengunakan alat peraga
       1. 2x + 2 = x + 3
       2. 4x - 2 = x - 3
       3. -3x + 7 = -x + 3
       4. 3x + 4 = 5x - 8
       5. 2x + 7 = 5x - 5

Label:





0 comments

Posting Komentar


Kio