Laporan Kunjungan Laboraturium Alat Peraga Matematika UNY

08/01/16



LAPORAN KUNJUNGAN
LABORATORIUM ALAT PERAGA MATEMATIKA
“GARIS SINGGUNG LINGKARAN”
FMIPA UNY


Disusun Oleh:
1.     Anggy Desmita Pratiwi
2.     Annisya Amalia Triananda
3.     Dita Herawati
4.     Fifi Anggraeni
5.     Jian Nuriah
Kelas : 5A


Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa


Alat dan Bahan
Dalam pembuatan alat peraga untuk model garis singgung lingkaran, dibutuhkan:
1.      Alat
-          Penggaris
-          Paku dan palu
-          Pensil
-          Jangka
-          Cutter
-          Bor
-          Gunting
2.      Bahan
-          Triplek 60 cm x 40 cm
-          Baut dan mur
-          White board
-          Sticker

Cara Pembuatan
Alat peraga garis singgung lingkaran ini dibuat dari triplek. Dua triplek berbentuk lingkaran dan triplek-triplek sebagai penggaris untuk mencari garis singgung persekutuan dalam, persekutuan luar, dan rumus Phytagoras.
1.      Menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan
2.      Gambarkan dua lingkaran dengan diameter berbeda pada triplek menggunakan jangka, potong triplek dengan bentuk lingkaran tersebut.
3.      Potong triplek bentuk persegi panjang dengan lebar 1,5 cm, panjang 47 cm dan temple dengan sticker pernggaris. Potong triplek bentuk persegi panjang dengan lebar 2 cm, panjang 50 cm dan temple degan sticker penggaris sebagai jarak antara dua lingkaran.
4.      Potong triplek bentuk persegi panjang dengan lebar 2 cm dan panjang 60 cm sebagai bingkai dari white board.
5.      Buat lubang pada white board untuk meletakkan dua lingkaran. Jarak anatar lubang yang terdekat adalah 25 cm dan 45 cm. Pada lubang dipasang skrup untuk mengaitkan antara masing –masing lingkaran dengan penggaris untuk mengukur jarak dua lingkaran dan papan alas.
6.      Kaitkan masing-masing lingkaran dengan penggaris untuk mengukur garis singgung dan diameter lingkaran menggunakan baut.
7.      Pada penggaris untuk mengukur panjang garis singgung persekutuan dalam lingkaran, buat celah agar garis singgung bisa digerakkan dan bisa digeser menjadi garis singgung persekutuan dalam dan garis singgung persekutuan luar lingkaran.
8.      Tempelkan segitiga siku-siku di sisi white board yang lain, tulis rumus Phytagoras, rumus garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran, dan garis singgung persekutuan luar dua lingkaran.


Cara Penggunaan
1.      Pada papan yang tersedia terdapat lingkaran yang memiliki diameter yang berbeda. Jarak antara dua lingkaran tersebut bervariasi dari 25 cm sampai 45 cm.
2.      Dari posisi garis singgung persekutuan luar dua lingkaran, untuk mengubahnya menjadi garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran geser lingkaran kecil ke arah dalam, dan sesuaikan sudutnya agar antara diameter dan penggaris untuk mengukur panjang garis singgung di kedua lingkaran membentuk posisi sudut siku-siku.
3.      Sebaliknya, dari posisi garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran, untuk mengubahnya menjadi garis singgung persekutuan luar dua lingkaran, geser lingkaran kecil ke arah luar, dan sesuaikan sudutnya agar antara diameter dan penggaris untuk mengukur panjang garis singgung di kedua lingkaran membentuk posisi sudut siku-siku.
4.      Jarak antara dua lingkaran bisa diubah sesuai dengan lubang-lubang yang terdapat pada penggaris jarak antara dua lingkaran.


Label:





0 comments

Posting Komentar


Kio